5 Bendungan Paling besar di Dunia

Bendungan ialah beberapa susunan bikinan manusia paling besar di dunia serta beberapa yang paling besar. Bendungan adalah beberapa susunan yang sangat penting buat manusia sebab menyiapkan irigasi, listrik, serta menolong mengatur banjir sungai yang mereka bangun. Untuk daftar ini, kami pilih untuk mengendalikan bendungan berdasar volume waduknya sebab info ini ialah yang paling tepat serta ada dari semua dimensi bendungan ini.
Bendungan Garrison

f:id:tapasha:20190717154445j:plain

Bendungan Garrison ialah bendungan besar yang lain di Amerika Serikat serta terdapat di Sungai Missouri. Waduk yang dibuat oleh Garrison Dam disebutkan Danau Sakakawea, yang mempunyai volume 29 km. kubik (23.821.000 acre-ft). Danau Sakawea ialah reservoir paling besar ke-3 di Amerika Serikat.


Tiga Ngarai Dam
Keseluruhannya, Bendungan Tiga Ngarai di Cina dipandang seperti bendungan paling besar di dunia (tapi kami mengendalikan daftar ini berdasar volume reservoir). Bendungan Tiga Ngarai ialah pembangkit listrik tenaga air paling besar di dunia serta mempunyai kemampuan terpasang 22.500 MW.


Sesaat Bendungan Tiga Ngarai mungkin mengagumkan dalam ukuran serta output daya, itu dipandang seperti satu diantara musibah lingkungan paling besar di dunia. Bangunan Bendungan Tiga Ngarai sudah telantarkan lebih dari 1,2 juta orang; mengakibatkan banjir di kota-kota paling dekat; sudah mencemari air serta tanah di dekatnya, meneror tanaman serta hewan ditempat; serta sudah tingkatkan kegiatan seismik di wilayah itu.


Bendungan Atatürk

f:id:tapasha:20190717154526j:plain
Bendungan Atatürk terdapat di sungai Efrat di Turki tenggara. Bendungan Atatürk ialah yang paling besar dari 22 bendungan serta 19 stasiun hidroelektrik yang diketemukan di selama sungai Efrat serta Tigris. Waduk bendungan mempunyai volume 48,7 km. kubik (11,68 mil kubik). Bendungan Atatürk tersebut lumayan besar dengan ketinggian 169 mtr. (554 kaki) serta panjang 1.819 mtr. (5.968 kaki).


Bendungan Atatürk ialah sisi dari Southeastern Anatolia Proyek (GAP), yang disebut jaringan bendungan, stasiun hidroelektrik, serta kanal irigasi yang dibuat di cekungan Eufrat, Tigris, serta Mesopotamia Atas. Project GAP diinginkan akan usai pada tahun 2020 serta akan memasok air ke seputar 1,8 juta hektar tempat dan membuahkan seputar 7.476 MW daya.


Bendungan Tinggi Aswan
Bendungan Tinggi Aswan terdapat di dekat Aswan, Mesir dekat sama tepian Sudan. Bendungan Tinggi Aswan terdapat di seberang Sungai Nil serta reservoirnya disebutkan Danau Nasser, yang disebut satu diantara danau bikinan manusia paling besar di dunia. Danau Nasser mempunyai kemampuan 132 km³ (107.000.000 acre-ft) serta air dipakai untuk mengairi tanah di sekelilingnya di Mesir serta Sudan. Bendungan Tinggi Aswan usai dibuat pada tahun 1970 serta semenjak itu, bendungan sudah menolong mengatur banjir tahunan Sungai Nil. Diluar itu, Bendungan Tinggi Aswan menyiapkan seputar 1/2 dari catu daya Mesir.


Dam Guri

f:id:tapasha:20190717154559j:plain
Bendungan Guri di Bolivar, Venezuela ialah bendungan paling besar di dunia berdasar volume reservoir. Waduk bendungan bisa menyimpan sampai 135 km. kubik (32,39 cu mi) air. Dam Guri satu diantara bendungan paling tinggi di dunia dengan ketinggian 162 m (531 kaki). Tidak hanya meredam Sungai Caroni, Bendungan Guri adalah pembangkit listrik tenaga air serta paling besar ke-2 di dunia berdasar kemampuan terpasang, yakni 10.235 MW. Dam Guri menyiapkan seputar 73% dari keperluan daya Venezuela.