5 Mal Paling besar di Dunia

Mal perbelanjaan kekinian ini lahir di Amerika Serikat pada tahun 1956 serta semenjak itu menebar ke sisi lain dunia. Beberapa negara lain sudah memperluas ide mal Amerika serta sudah membuat kompleks besar yang seringkali tampilkan lebih dari sebatas toko ritel. Mal-mal besar ini mempunyai bioskop, ajang bowling, toko kelontong, serta beberapa ratus restoran. Sebagian besar mal di daftar ini berada di Asia serta banyak salah satunya dibuat oleh perusahaan yang sama, SM Prime Holdings.
SM City North Edsa

f:id:tapasha:20190717162254j:plain

SM City North Edsa di Quezon City, Filipina ialah mal paling besar di negara ini. Itu mal pertama yang dibuka oleh SM Prime Holdings pada tahun 1985. Sepanjang sekian tahun, SM City North Edsa sudah diperluas serta sekarang ini mempunyai ruang sewa kotor 5,36 juta kaki persegi (498.000 mtr. persegi). SM City North Edsa lumayan besar untuk mempunyai beberapa toko kelontong, satu amfiteater lebih dari 1.200 bangku, satu kompleks bioskop 12, serta lebih dari 800 toko. Ada pula lebih dari 200 restoran di SM City North Edsa serta kompleks parkir lebih dari 4.000 ruangan.


ICONSIAM
ICONSIAM ialah mal paling baru dalam daftar ini serta baru dibuka pada tanggal 9 November 2018. Investor memberi lebih dari 54 miliar baht (seputar $ 1,65 miliar) untuk membuat ICONSIAM, yang dicap jadi Simbol Kemakmuran Kekal. ICONSIAM saat ini adalah pusat belanja paling besar di Thailand dengan luas ritel 5,65 juta kaki persegi (525.000 mtr. persegi). ICONSIAM tidak cuma satu mal, ini ialah ruangan serba untuk yang menyimpan ruangan makan, hiburan, serta perumahan. Tidak seperti beberapa mal lain dalam daftar ini, ICONSIAM selekasnya menarik beberapa orang.


Kota SM Tianjin

f:id:tapasha:20190717162230j:plain

SM City Tianjin salah satu dari "mal hantu" China. Walau demikian besar serta tawarkan beberapa jenis toko serta service, SM City Tianjin seringkali kosong. Tidak hanya toko pusat belanja tradisionil serta lapangan makanan, SM City Tianjin mempunyai bioskop, toko bahan makanan Prancis, serta lapangan basket. SM City Tianjin ialah mal paling besar dalam portofolio SM Prime Holdings. SM Prime Holdings ialah rantai besar mal yang berbasiskan di Filipina. SM City Tianjin mempunyai ruang sewaan seluas 5.812.511 kaki persegi (565.000 mtr. persegi).


Mal Sumber Daya Emas
Sampai New South China Mall dibuat pada 2005, Golden Sumber Mall di Beijing ialah mal paling besar di dunia. Golden Sumber Mall mempunyai luas lebih dari 6 juta kaki persegi (seputar 557.419 mtr. persegi) serta mempunyai ruangan untuk lebih dari 1.000 toko. Seperti beberapa mal besar yang lain di Cina, Golden Sumber Mall sebelumnya tidak setenar yang diinginkan beberapa pengembangnya. Sepanjang sekian tahun, Golden Sumber Mall sejumlah besar kosong, tapi mal saat ini terima semakin banyak pengunjung sebab kelas menengah China sudah berkembang.


Mall China Selatan Baru

f:id:tapasha:20190717162436j:plain

New South China Mall di Dongguan, Cina ialah mal paling besar di dunia dengan luas sewa 7,1 juta kaki persegi (659.612 mtr. persegi). Lantai Mal New South China bisa menyimpan sampai 2.350 toko. Walau pemilik New South China Mall punya niat jadikan mal jadi daya tarik penting, sepanjang lebih dari satu dekade sejumlah besar mal masih kosong. Cuma seputar 10% dari New South China Mall sudah disewakan serta masyarakat ditempat jarang berkunjung ke mal sebab mereka tidak mempunyai penghasilan yang bisa dibuang. Tetapi, dalam beberapa waktu paling akhir, New South China Mall sudah diperbaiki serta saat ini mempunyai beberapa toko yang membidik kelas menengah China, bukannya yang kaya, bioskop style IMAX, serta tempat hiburan untuk beberapa anak.